Beberapa Tips Memperbaiki Mobil Karena Banjir

  • Whatsapp
Beberapa-Tips-Memperbaiki-Mobil-Karena-Banjir
Foto dari Canva Photos Unlimited

Dewasa ini kita sama-sama tahu bahwa di beberapa provinsi Indonesia mengalami musibah banjir. Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Tanggerang, Bekasi, hingga Surabaya tidak luput dari terjangan banjir. Hal tersebut disinyalir karena terjadinya perubahan cuaca ekstrim yang membuat curah hujan tinggi. Akibatnya dari banjir, banyak kendaraan yang terendam. Bagi Anda yang mengalami kejadian demikian janganlah panik, berikut ini akan di ulas tips memperbaiki mobil karena banjir.

1. Lakukan Pelepasan Kabel Negatif Aki

Tips memperbaiki mobil karena banjir yang pertama yakni dengan melakukan pelepasan kabel negatif aki. Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sistem kelistrikan dari mobil. Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa air dapat menghantarkan listrik dengan baik. Akibatnya maka terdapat resiko korselting atau hubungan arus pendek listrik yang dapat berakibat kerusakan sistem kelistrikan. Oleh karena itu, langkah awal upaya memperbaiki kendaraan yakni dengan melepas kabel negatif aki.

2. Jangan Langsung Menyalakan Mesin

Tips kedua yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kerusakan mobil akibat banjir yakni tidak menyalakan mesin secara langsung. Menyalakan mesin ketika kondisi setelah banjir akan membuat air masuk ke dalam komponen mesin. Hal itu akan menyebabkan mesin makin parah kerusakanya karena kemungkinan bisa terjadi korsleting aki yang dapat merusak sistem kelistrikan kendaraan. Bagi Anda yang ingin memindahkan kendaraan maka direkomendasi untuk memindahkan dengan cara di dorong terlebih dahulu.

3. Lakukan Pengecekan Oli dan Bahan Bakar

Tips memperbaiki kendaraan yang terakhir yakni dengan mengecek oli dan bahan bakar. Seperti yang kita tahu bahwa resiko mobil terkena banjir adalah tiap komponen akan di masuki oleh air. Oleh karena itu, lakukan pengecekan oli dan bahan bakar terlebih dahulu. Usahakan untuk melakukan pengurasan tanki bahan bakar dan oli terlebih dahulu.

Itulah beberapa tips memperbaiki mobil karena banjir. Mendapatkan musibah kebanjiran memang tentunya tidak ingin dialami oleh setiap orang. Namun, apabila kita mendapatkan musibah tersebut maka tidak perlu panik. Ikuti berbagai cara di atas guna mengurangi kerusakan mesin. Berbagai langkah di atas hanyalah sebagai langkah utama dalam mengatasi mobil rusak karena banjir namun tetap harus diperiksa ke bengkel untuk membuat mobil kembali baik seperti semula.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *