Kenali 5 Aturan Sebelum Memberikan Susu Formula pada Bayi

  • Whatsapp
Kenali-5-Aturan-Sebelum-Memberikan-Susu-Formula-pada-Bayi
Foto dari Canva Photos Unlimited

Tidak selamanya bayi mendapatkan ASI pada masa yang tepat. Oleh karena itu, Anda bisa menggantinya dengan susu formula. Anda bisa memanfaatkan momen diskon lebaran di Orami untuk mendapatkan susu formula. Namun, Anda harus perhatikan aturan berikut ini sebelum membeli susu formula

1. Perhatikan Kebutuhan

Pertama adalah Anda harus memperhatikan kebutuhan bayi. Biasanya bayi akan mengonsumsi susu formula sebanyak 45-90 ml. Namun, seiring dengan perkembangan bayi, jumlah tersebut dapat meningkat setiap harinya. Anda bisa memperhatikan pola bayi Anda. Apabila mulut bayi terlihat ingin menyusu, berarti kadar atau porsi minum susunya lebih banyak.

Pemilihan susu formula juga harus Anda perhatikan, tergantung jenisnya. Ada jenis susu formula soya dan biasa. Apabila anak Anda alergi dengan susu sapi, Anda bisa membelikan susu soya. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum memilih susu formula.

2. Perhatikan Kebersihan

Jika Anda telah mengetahui jenis kebutuhan susu bayi yang sudah Anda konsultasikan dengan dokter, saatnya Anda membelinya. Anda bisa membeli di marketplace Orami. Di marketplace ini, Anda bisa menemukan semua jenis merek susu. Anda bisa memanfaatkan momen diskon lebaran untuk membeli susu . Pastikan Anda memilih dengan cermat.

Jika sudah mendapatkannya, simpan susu pada tempat yang bersih. Anda bisa menyimpan pada tempat khusus susu. Bisa juga Anda menyimpan susu pada tempat yang sejuk. Jangan menyimpan susu pada tempat yang panas atau dingin. Hal ini dapat menyebabkan nutrisi dalam susu menjadi berkurang.

3. Perhatikan Botol

Ada banyak botol susu yang dijual pasaran. Salah satunya ada di marketplace Orami. Anda bisa memilih mulai dari kemasan kecil hingga yang besar. Tetap perhatikan bahwasannya dalam memilih botol susu, pilihlah yang berlabel BPA free. Dengan begitu, botol yang Anda pakai terbuat dari bahan plastik polietilen dan polipropilen yang aman untuk bayi.

Setelah membeli dan sebelum menggunakan, Anda harus mencucinya dengan bersih. Anda bisa menggunakan alat pembersih botol dan menempatkannya pada tempat khusus. Biasanya sebelum menuangkan susu kedalam botol, botol akan ditempatkan pada tempat seperti oven. Fungsinya untuk mensterilkan kuman-kuman sisa susu atau kotoran sebelumnya.

4. Proses Pembuatan Susu

Pada saat pembuatan susu juga harus Anda perhatikan. Cuci tangan Anda sampai bersih dengan sabun dan air mengalir. Lap tangan Anda dengan bersih. Setelah itu ambil dan pakai botol susu yang bersih. Gunakan sendok khusus susu yang sudah tersedia di kemasan. Usahakan jangan mengocok susu terlalu kencang agar tidak memunculkan buih.

5. Perhatikan Susu

Sebelum membuat susu untuk bayi Anda, perhatikan susu formula yang dipakai. Misalnya tanggal kadaluarsanya atau bentuk susu formula itu sendiri. Biasakan Anda selalu menutup rapat susu formula. Menutup yang tidak sempurna membuat susu lebih menggumpal dan dapat merusak susu.

Itulah beberapa hal yang patut Anda perhatikan. Segera ganti susu formula apabila bayi Anda mual-mual dan diare. Anda bisa memilih susu formula di marketplace Orami. Adanya diskon lebaran ini, bisa memberikan keuntungan Anda untuk menyetok atau ingin mengganti jenis susu lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *